This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Monday, June 3, 2013

jaringan Komputer

Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin dijawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki era milenium ini terutama world wide internet telah menjadi realitas sehari-hari jutaan manusia di muka bumi ini.
Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari  kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.
Sebelum lebih banyak lagi dijelaskan mengenai jaringan komputer secara teknis, pada bab pendahuluan ini akan diuraikan  terlebih dahulu  definisi jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, ddan macam jaringan komputer.

Definisi Jaringan Komputer

Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini telah diganti dengan  sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer (computer network).
Dalam buku ini kita akan menggunakan istilah jaringan komputer untuk mengartikan suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang autonomous. Dua buah komputer dikatakan terinterkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasui. Betuk koneksinya tidak harus melalui kawat tembaga saja melainkan dapat emnggunakan serat optik, gelomabng mikro, atau satelit komunikasi.
Untuk memahami  istilah jaringan komputer sering kali kita dibingungkan dengan sistem terdistribusi (distributed system). Kunci perbedaannya adalah bahwa sebuah sistem terdistribusi,keberadaan sejumlah komputer autonomous bersifat transparan bagi pemakainya. Seseorang dapat memberi perintah untuk mengeksekusi suatu program, dan kemudian program itupun akan berjalan  dan tugas untuk memilih prosesor, menemukan dan mengirimkan file ke suatu prosesor dan menyimpan hasilnya di tempat yang tepat mertupakan tugas sistem operasi. Dengan kata lain, pengguna sistem terditribusi tidak akan menyadari terdapatnya banyak prosesor (multiprosesor), alokasi tugas ke prosesor-prosesor, alokasi f\ile ke disk, pemindahan file yang dfisimpan dan yang diperlukan, serta fungsi-fungsi lainnya dari sitem harus bersifat otomatis.
Pada suatu jaringan komputer, pengguna harus secara eksplisit log ke sebuah mesin, secara eksplisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara eksplisity memindahkan file-file dan menangani sendiri secara umum selusurh manajemen jaringan. Pada sistem terdistribusi, tidak ada yang perlu dilakukan secara eksplisit, sermunya sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa sepengetahuan pemakai.

Dengan demikian sebuah sistem terdistribusi adalah suatu sistem perangkat lunak yang dibuat pada bagian sebuah jaringan komputer.  Perangkat lunaklah yang menentukan tingkat keterpaduan dan transparansi jarimngan yang bersangkutan. Karena itu perbedaan jaringan dengan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi), bukan pada perangkat kerasnya.

Sunday, June 2, 2013

Filsafat Pendidikan Pancasila
ABSTRAK
Secara filosofis, bahwa aktivitas pendidikan berfungsi membina kesadaran akan nilai-nilai filosofis negara. Kesadaran moral dan sikap mental yang menjadi kriteria manusia ideal dalam sistem nilai suatu bangsa bersumber pada ajaran filsafat bangsa dan negara yang dianutnya. Dengan demikian, pendidikan bukanlah usaha aktivitas spekulatif semata-mata. Pendidikan dilaksanakan secara fundamental didasarkan atas asas filosofis dalam menentukan arah atau pencapaian tujuan dalam membina perkembangan anak didik.
Kata kunci : pancasila, filsafat, ideologi, bangsa

Latar Belakang Masalah
Dalam mempelajari filsafat pendidikan Pancasila yang kita pelajari yaitu filsafat pendidikan Pancasila melalui pedeketan sejarah dimaksud dapat mengetaui berbagai peristiwa asal mulanya filsafat pendidikan pancasila di bentuk yang terjadi dari waktu ke waktu mengenai tanah air Indonesia kita,peristiwa – peristiwa yang saya maksud adalah yang ada sangkut pautnya dengan pendidikan Pancasila.Mengingat hal tersebut kita harus dapat mewujudkan Indonesia menjadi Negara yang berpikir akan pentingnya pendidikan itu.

Rumusan Masalah
Dalam pembuatan karya tulis tersebut dapat dirumusakan sebagai berikut : pengertian Filsafat, guna filsafat, dan fungsi filsafat, masalah yang di bahas dalam karya tulis ini untuk lebih terarah dan tidak terlalu jauh maka membatasi masalahnya hanya pada arti fungsi dan guna filsafat pendidikan Pancasila

Pembahasan
A.Pengertian Filsafat
Pengertian menurut arti katanya, kata filsafat dalam Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Yunani terdiri dari kata Philein artinya Cinta dan Sophia artinya Kebijaksanaan. Filsafat berarti Cinta Kebijaksanaan, cinta artinya hasrat yang besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh. Kebijaksanaan artinya Kebenaran sejati atau kebenaran yang sesungguhnya. Filsafat berarti Hasrat atau Keinginan yang sungguh-sungguh akan kebenaran sejati.
Pancasila sebagai filsafat mengandung pandangan, nilai, dan pemikiran yang dapat menjadi substansi dan isi pembentukan ideologi Pancasila.Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa, dengan tujuan untuk mendapatkan pokok-pokok pengertiannya yang mendasar dan menyeluruh.Pancasila dikatakan sebahai filsafat, karena Pancasila merupakan hasil permenungan jiwa yang mendalam yang dilakukan oleh the faounding father kita, yang dituangkan dalam suatu sistem (Ruslan Abdul Gani).Filsafat Pancasila memberi pengetahuan dan penngertian ilmiah yaitu tentang hakikat dari Pancasila (Notonagoro).

B.Fungsi Filsafat
1. Mengembangkan dan melestarikan nilai dan moral pancasila secara dinamis dan terbuka.
2. Mengembangkan dan membuka manusia Indonesia yang dasar politik, konstitusi, dan negara kesatuan UUD ‘45
3. Membina dan memahami kesadaran terhadap lingkungan antara warga Negara dan negara

C.Kegunaan Filsafat
Filsafat Pendidikan Pancasila mempunyai kegunaan sebagai berikut
a. Melatih diri untuk berpikir rasional dan irasional
b. Menambah pandangan dan cakrawala yang lebih luas agar tidak berfikir bersifat sempit dan tertutup
c. Melatih diri melakukan penelitian, pengkajian dan memutuskan atau mengabil kesimpulan mengenai suatu hal secara mendalam dan komprehensif
d. Membuat diri menjadi manusia yang penuh toleransi dan tenggang rasa
e. Menyadari akan kedudukan manusia baik sebagai pribadi maupun hubungan
dengan orang lain,alam sekitar dan Tuhan YME

A. Kesimpulan
Setelah saya menulis semua itu saya dapat menyimpulkan sebagai berikut: Bahwa unsur – unsur filsafat pendidikan Pancasila memang telah di miliki dan di jalankan oleh bangsa Indonesia sejak dahulu.Karena dengan bukti – bukti sejarah yang beraneka ragam.Demikian pula ada unsur – unsur yang di suatu daerah lebih menonjol dari daerah lain misalnya tampak pada perjuangan bangsa Indonesia dengan peralatan yang sederhana serta tampak pada bangunan,tulisan dan perbuatan yang ada.

B. Saran
Pendidikan didalam Negara ini ditingkatkan lagi dengan cara memberikan pendidikan lebih mendalam dalam artian lebih diutamakan agar anak – anak bangsa menjadi pintar dan dapat melanjutkan generasi berikutnya yang dapat menjadikan bangsa ini menjadi lebih berkembang atau maju.adapun caranya dengan membagi buku gratis atau pun pendidikan gratis buat rakyat kurang mampu.

Referensi
1. Mawardi, Filsafat Pendidikan Pancasila abstrak,Sekolah Pasca Sarjana Universitas
Pendidikan Indonesia
2. Notonegoro,Pancasila Dasar Filsafat Negara RI I.II.III
3. Henipujiarti 2010,Fungsi Filsafat Pendidikan PancasilaFilsafat Pendidikan Pancasila